www.malokoi.com
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit. detail

18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi. detail

13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l. detail

20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru. detail

» index berita
Testimonial
Emma Nugraheni
Responnya cepat,pelayanannya memuaskan.produknya lengkap dan berkualitas...makasih malokoi....

Bayu - Jakarta
sudah berkali - kali order di Malokoi,baru sempat isi testi..overall sangat baik pelayanannya,dan yang paling penting terpercaya..terimakasih kerjasamanya,dan sukses selalu Om Winston..

Stephen
Sudah repeat order sampai 6 kali dan selalu memuaskan. Ngak repot keluar rumah kena macet. Terima kasih ya crew Malokoi.

Taufik
Puas pokonya belanja di malokoi....

» lihat testimonial
» isi testimonial

Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur


13 April 2012

Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm). Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l. tingkat saturasi udara dalam air juga akan berkurang seiring dengan naiknya temperatur air. Tanaman dan algae di siang hari akan berfotosintesis mengkonsumsi CO2 dari udara dan memberikan suply 02 ke air, sebalikanya pada malam hari akan mengkonsumsi 02 yang ada dalam air. Selain Koi, bakteri pengurai dalam ekosistem kolam di bio chamber juga akan mati jika kadar udara dalam air makin rendah di bawah 3mg/l. Kondisi ini juga yang menjelaskan tidak disarankan untuk memberikan makan koi pada malam hari, sebaiknya dilakukan di pagi hari dan siang / sore. Rendahnya tingkat DO juga menjadi penyebab terjadinya amoniak booming, dimana bakteri penguari tidak dapat berfungsi secara maksimal dalam proses siklus nitrifikasi.  Jika terjadi masalah dalam aliran listri misalnya mati, maka secara perlahan kadar oksigen dalam air akan menipis dan habis. Biasanya ikan ukuran kecil yang duluan akan bermasalah dan kemudian ikan ukuran besar. Jika kondisi inin berlangsung di atas 4-5jam, maka bakteri pengurai juga akan ikut mati. Untuk itu disarankan setelah aliran listrik pulih, air yang di chamber filter di kurangin sebagian besar diganti dengan air baru untuk mengurangi risiko.

Bagimana caranya untuk meningkatkan DO? berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan DO, termasuk membuat aerasi melalui mesin aerator di kolam dan chamber filter, membuat system venturi di saluran akhir sirkulasi, membuat air terjun atau system bakki shower. Intinya adalah bagaimana meniciptakan sebanyak mungkin kontak antara permukaan air dengan udara. Ini juga yang menjelaskan kenapa sistem aerasi dengan butir udara yang lebih kecil lebih bagus dibanding dengan butir udara yang lebih besar. Juga menjelaskan kenapa tingkat saturasi udara akan lebih tinggi di permukaan air dibanding dengan dasar kolam. Semakin dalam kolam, makan tingkat saturasi udara akan semakin kecil, untuk itu untuk kolam koi dengan dedalam lebih dari 1 meter harus memiliki mesin aerator yang bagus dan kuat. Untuk mengurangi temperatur, dapat dilakukan dengan menutrup sebagian permukaan kolam memakai paranet atau sejenisnya. Populasi ikan berlebih juga akan menajadi salah satu penyebab rendahnya kadar DO lama air.

Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan reguler atas DO air kolam dan temperatur dengan mempergunakan alat yang memiliki akurasi tinggi seperi DO meter. Kebanyakan DO meter juga dapat berfungsi untuk mengukur temperatur air. DO yang ideal adalah di atas 6 mg/L dengan kisaran temperatur sektra 24-27 derajat C.



Baca juga
  » 28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit.

  » 18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi.

  » 20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru.

  » 7 November 2011
Kolam Koi Berbusa
Salah satu hal yang sangat mengganggu kenikmatan untuk melihat koi adalah adanya busa (foam) pada permukaan kolam

  » 4 Oktober 2011
Garam, Obat Super Harga Murmer
Dari sekian banyak obat untuk koi, mungkin garam adalah merupakan satu satunya obat yang paling banyak dipergunakan

Information
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 13,000 =
Rp.