www.malokoi.com
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit. detail

18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi. detail

13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l. detail

20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru. detail

» index berita
Testimonial
Emma Nugraheni
Responnya cepat,pelayanannya memuaskan.produknya lengkap dan berkualitas...makasih malokoi....

Bayu - Jakarta
sudah berkali - kali order di Malokoi,baru sempat isi testi..overall sangat baik pelayanannya,dan yang paling penting terpercaya..terimakasih kerjasamanya,dan sukses selalu Om Winston..

Stephen
Sudah repeat order sampai 6 kali dan selalu memuaskan. Ngak repot keluar rumah kena macet. Terima kasih ya crew Malokoi.

Taufik
Puas pokonya belanja di malokoi....

» lihat testimonial
» isi testimonial

Garam, Obat Super Harga Murmer


4 Oktober 2011

Dari sekian banyak obat untuk koi, mungkin garam adalah merupakan satu satunya obat yang paling banyak dipergunakan dan paling gampang untuk didapatkan dan murah tentunya. Garam dapat menghambat pertumbuhan parasit protozoa, membantu proses masalah osmo regulasi (osmosis), membantu membentuk lapisan lender yang berfungsi menangkal jamur, membantu mengurangi tingkat stress serta masalah yang timbul pada insang akibat faktor penyakit.

Garam juga tidak berbahaya untuk ekosistem kolam, dan tidak memberikan efek negative terhadap filter biologi kolam. Baik dengan perlakukan perendaman secara bertahap, maupun penggunaan untuk jangka waktu tertentu.

 

Proses Osmoregulasi (osmosis)

Ikan koi mempertahankan dan memiliki larutan garam dengan konsentrasi sebesar 1% dalam cairan tubuhnya, lebih tinggi dari cairan lingkungannya. Air keran pada umumnya mengandung sekitar 0.1% garam. Perbedaan konsentrasi garam ini akan menyebabkan proses osmosis, dimana cairan dari luar dengan tingkat salinitas yang lebih rendah akan masuk kedalam jasringan tubuh ikan yang memiliki tingkat salinitas yang lebih tinggi.

Ginjal koi secara alamiah akan bekerja untuk menyaring aliran air ke dalam jaringan tubuh koi dan akan senanatiasa bekerja 24jam untuk mempertahankan tinglat salinitas dalam tubuh nya di level yang lebih tinggi dari lingkungannya. Dalam kondisi ikan yang menyebabkan stress, tentunya kerja ginjal koi juga tidak maksimal, dengan demikian dengan menaikkan salinitas air kolam akan mengurangi proses osmosis ini dan juga meringankan kerja ginjal koi. Demikian juga denga serangan bakteri yang merusak kulit pelindung koi, akan menyebakan aliran air yang lebih banyak ke tubuh koi, dimana dengan penambahan konsentrasi garam di air akan menyebabkan koi dapat lebih kuat fisiknya untuk proses pemulihan.

Kebalikan akan justru terjadi pada parasit, dengan menambah konsentrasi garam di air, parasit akan justru mengalami kehilangan cairan tubuh dan akhirnya akan mengalami dehidrasi dan punah secara perlahan. Parasit yang bias dihilangkan dengan rama ini termasuk trichodina, flukes (30pct), costia (30pct), whitespot, chilodonella dan ephistylis.

 

Detoksifikasi

Larutan garam dengan konsentrasi 0.3pct efektif untuk melakukan detoksifikasi atas nitrit.  Larutan garam ini akan menyebabkan adanya pertukan ion dengan nitrit di insang ikan, dengan demikian akan membatasi masuknya nitrit ke dalam tubuh dan darah koi.

 

Sebagai Bakterisida

Garam juga dalam kondisi tertentu akan berfungsi debagai bakterisida, dimana dengan konsentarsi garam yang dalam air akan mebantu ikan membetuk semacam selaput mucus diseputar kulitnya, yang berfungsi untuk melindungi koi dari serangan parasit.

 

Kerugian penggunaan garam

Dengan pemberian garam, harus melakukan pergantian air secara perlahan untuk menetralisir kembali larutan garam dalam air tidak lebih dari 0.3pct pada saat ikan sudah terlihat sehat. Konsentrasi garam juga dapat menyebabkan tumbuhan air mati dan demikian juga denga algae yang menyebabkan tumpukan sisa algae ini dipermukaan dan dasar kolam. Jika larutan garam terlalu lama dalam air, akan menyebabkan beberapa pathogen menjadi kebal. Pada saat pemberian ragam, juga harus disertai dengan peningkatan aearasi yang maksimum.

 

Dosis

Untuk penggunaan secara untuk maka dosis yang dianjurkan adalah 0.2-0.5pct atau 3-5kg untuk 1000liter air. Namun untuk kerluan perendaman koi dalam waktu singkat (10-20menit) dalam bak terpisah bisanya dilakukan dengan konsentrasi 10-30 gram per liter.



Baca juga
  » 28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit.

  » 18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi.

  » 13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l.

  » 20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru.

  » 7 November 2011
Kolam Koi Berbusa
Salah satu hal yang sangat mengganggu kenikmatan untuk melihat koi adalah adanya busa (foam) pada permukaan kolam

Information
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 13,000 =
Rp.