www.malokoi.com
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit. detail

18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi. detail

13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l. detail

20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru. detail

» index berita
Testimonial
Emma Nugraheni
Responnya cepat,pelayanannya memuaskan.produknya lengkap dan berkualitas...makasih malokoi....

Bayu - Jakarta
sudah berkali - kali order di Malokoi,baru sempat isi testi..overall sangat baik pelayanannya,dan yang paling penting terpercaya..terimakasih kerjasamanya,dan sukses selalu Om Winston..

Stephen
Sudah repeat order sampai 6 kali dan selalu memuaskan. Ngak repot keluar rumah kena macet. Terima kasih ya crew Malokoi.

Taufik
Puas pokonya belanja di malokoi....

» lihat testimonial
» isi testimonial

Mencermati Kemungkinan Masalah Koi Berdasarkan Perilakunya


29 September 2011

Dalam banyak hal, Koi biasanya akan menunjukkan perilaku yang berbeda dan tak biasa jika ada masalah, baik secara internal (penyakit dan parasit) ataupun eksternal (kualitas air dan kadar oksigen). Berikut ini adalah beberapa perilaku koi yang tidak biasa dan kemungkinan masalah yang mungkin terjadi.

 

Kepala menggantung, kondisi dimana koi terlihat dengan kecenderungan bagian kepala menggantung di bawah dengan posisi ekor di atas. Biasanya ikan akan cenderung berada di dekat dasar kolam. Gejala seperti ini biasanya adalah sebagai pertanda adanya serangan parasit.

 

Meloncat. Ikan koi meloncat sangat berisiko jika loncat keluar dari kolam. Ikan koi cenderung meloncat dapat disebabkan oleh berbagai gal termasuk kualitas air yang menurun khususnya perunahan pH, parasit atau pun kecenderungan ikan female yang sedang gendong telor lari dan loncat karena dikejar oleh ikan male.

 

Berkumpul di dekat Air Terjun, kondisi ini sangat umum terlihat pada koi yang kekurangan oksigen karena rendahnya oksigen terlarut dalam air. Segera periksa DO air ataupun pastikan aerator berfungsi dengan baik. Juga dapat terjadi sebagai symptom serangan parasit jika ternyata kadar DO tidak masalah, ternasuk gill flukes dan gill disease lainnya dan juga kemungkinan amoniak boom

 

Flashing, ketika koi cenderung menggesekkan badannya ke dasar kolam atapun sisi kolam sehingga istilah ini dikenal sebagai flashing karena sisik ikan yang berkilau terlihat memantulkan cahaya matahari pada saat badan ikan dalam posisi miring. Kondisi ini sangat mungkin adalah sebagai pertanda serangan parasit.

 

Menyendiri, koi pada hakekatnya adalah jenis ikan yang senang ngumpul, dan jika terlihat cenderung menyendiri adalah pertanda awal kemungkinan adanya masalah pada ikan tersebut, segera dikarantina dan perhatikan gejala yang mungkin terjadi pada sisid, insang dan bagian siripnya.

 

Mengambang, terlihat sepertinya koi sedang relaxing di atas permukaan air adalah sebagai pertanda awal adalah masalah pada kualitas air, segera periksa kadar DO, pH, Nitrit dan Amoniak.

 

Megap Megap Dipermukaan, adalah merupakan pertanda rendahnya oksigen terlarut dalam air serta kemungkinan masalah dengan insang berupa serangan parasit ataupun bakteri dan jamur.

 

Sisik Rontok, kecedrungan sisik koi rontok besar kemungkinan sebagai akibat dari kualitas air yang menurun khsusus nya pH. Segera diatasi dengan cara pergantian air secara perlahan untuk mengembalikan pH ke normal.

 

Tidak Selera Makan, biasa terjadi oleh beberapa hal termasuk kualitas air dan temperature. Pada temperature yang rendah, koi cenderung lebih malas untuk makan. Jika kondisi ini terjadi hanya untuk satu-dua ikan kemungkinan adalah masalah pada ikan tersebut, namun ada pengecualian atas koi yang baru bertelur cenderung akan malah untuk makan dalam beberapa hari.

 

 



Baca juga
  » 28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit.

  » 18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi.

  » 13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l.

  » 20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru.

  » 7 November 2011
Kolam Koi Berbusa
Salah satu hal yang sangat mengganggu kenikmatan untuk melihat koi adalah adanya busa (foam) pada permukaan kolam

Information
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 13,000 =
Rp.